Monday, July 29, 2013

Kuliner : Tempura Akasia khas dari Nagano

Beberapa hari yang lalu saya bertandang ke rumah teman nihonjin saya. Kebetulan teman saya sedang menonton tivi, jadi saya ikut nimbrung aja. Meski kadang bahasanya masih susah dimengerti, tapi tayangannya sangat menarik, yaitu tentang kuliner khas Jepang yang jarang terekspose oleh dunia luar, yaitu Tempura.

Ok baiklah, tempura memang sudah mendunia namanya, tapi pernahkah kalian mendengar tentang Tempura Akasia??? Terus terang saja saya baru pertama kali melihat Tempura Akasia ya pas di tempat teman saya itu.

Bentukannya Tempura Akasia
Dilihat dari bentukannya, jelas kan dari apa itu?? Yes!! Bener banget dari bunga akasia. Eits, tapi bukan sembarang akasia yang bisa dimakan. Bukan akasia kuning seperti yang Indonesia punya, tetapi akasia putih. 

Akasia yang Indonesia punya itu bernama latin Akasia mangium dengan warna bunga kuning cerah dan bunganya kecil.

Sedangkan akasia Jepang yang bisa dimakan bernama latin Robinia pseudoacacia . Agak beda family tapi masih termasuk jenis akasia2an. Bunganya berwarna putih, lebih besar dari akasia Indonesia punya. Dan harum semerbak katanya.

Bentukan mentahnya akasia putih
Menurut tayangan tivi sih, rasanya sangat manis, seperti madu. Emmm....sepertinya yummy banget.
Sebagai penggemar gorengan sejati, saya benar2 pengen banget merasakan Tempura Akasia ini.

Semoga kapan2 bisa main ke Nagano, dan bukan hanya menikmati susu sapi paling lezat se Jepang tapi juga menikmati Tempura Akasia yang menggoda selera ini.

  


1 comments so far


EmoticonEmoticon