Awkward Moment : Manusia dari Negeri Panda

Berbicara tentang manusia dari negeri panda alias RRC, adalah berbicara mengenai kebiasaan mereka yang kadang aneh di mata saya. Dan tinggal berbaur dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia seperti ini, mengajarkan bagaimana bersikap toleransi terhadap hal2 aneh tersebut.

Ada banyak sekali kebiasaan yang kadang membuat saya mengernyitkan dahi, membelalakkan mata yang sudah belok ini, dan tak lupa disertai mulut yang menganga lebar. Berikut ini ada daftar keanehan yang saya temui selama 2 tahun saya tinggal di belahan bumi utara ini. Tapi harus dicatat, bahwa tidak semua manusia dari negeri panda bersikap seperti dibawah ini.

1. Pelit
Tidak diragukan lagi kalau manusia dari negeri panda terkenal dengan kepelitannya. Jangan berharap bahwa mereka akan gampang mentraktir kamu, malah yang ada mereka berharap kamu mentraktirnya.

2. Oportunitis
Mereka sangat senang dengan gratisan. Tak jarang mereka memanfaatkan fasilitas umum untuk kepentingan pribadi. Contohnya adalah ketika saya tinggal di asrama mahasiswa, sering sekali mahasiswa negeri panda mengisi batere laptop, memasak dengan rice cooker, mengisi batere handphone di dapur. Semua itu demi menghemat tagihan listrik di kamar. Mereka juga sering sekali tidur di laboratorium terutama saat musim dingin untuk menghemat pemakaian gas dan listrik.

3. Jarang Mandi
Akibat dari super pelitnya hidup mereka, tak jarang kalian akan mencium aroma tidak enak dari manusia negeri panda, terutama laki2. Mandi bagi mereka akan boros pemakaian air yang berdampat banyaknya tagihan air. Terlebih musim dingin, bisa seminggu sekali mereka mandi.

4. Bangga dengan Bulu Ketek.
Ini serius!!! Sepanjang pengetahuan saya, meski tidak semua bersikap seperti ini, tapi sebagian besar wanita2 negeri panda mungkin sangat mengagungkan bulu ketek, sehingga jarang sekali mereka mencukurnya. Bagi saya itu aneh, ketika wanita cina, cantik, manis, memakai dress yang cantik, berlengan pendek atau tanpa lengan, kemudian mengangkat tangannya dan terlihat bulu ketek yang panjang dan lebat sedang melambai2. Itu level kecantikannya langsung turun dari angka 100 ke angka 0!!!
masih cantik?

5. Diet keterlaluan
OCD atau program diet yang digembar gemborkan Deddy Corbuzier itu katanya berasal dari negeri panda. Memang, kebanyakan orang2 sana terutama wanitanya benar2 terobsesi dengan tubuh kurus kering. Dalam seharian mereka mungkin hanya mengkonsumsi air putih, jus sayuran atau jus buah, dan hanya makan malam saja. Itu sih bisa jadi mereka diet, atau jangan2 mereka pelit ngeluarin duit buat makan?? Entahlah

6. Banyak ngomong kalo pake bahasa Inggris
Ini sih aneh yang positif ya. Namun kadang kontennya sering OOT. pengalaman, misalnya kita tanya "hei kamu sedang apa?" maka dia akan menjelaskan sampai hampir seperempat jam dari apa yang sedang dia lakukan sampai dengan masalah keluarganya atau pekerjaan dan bla bla bla. Bagi kamu yang bahasa Inggrisnya udah expert, mungkin gapapa, tapi kalo yang kurang expert kayak saya ini, paling ngangguk2 aja karena gak bisa nangkep apa yg mereka omongin saking cepet dan nerocosnya dengan logat inggris cinanya.

7. Teman Tidur
Undercover, tapi ya, sudah menjadi rahasia umum kalau mereka selalu mempunyai teman tidu yang berbeda2. LDR an sama istri/suaminya di negerinya sana, mereka yang diperantauan tak segan2 tidur bareng teman sendiri untuk sekedar memuaskan nafsu mereka. Tapi tenang, kebanyakan mereka melakukannya dengan sesama cina saja, jarang bahkan tidak pernah terdengar mereka melakukannya dengan warga negara lain.

8. Gila Kerja
Ini juga aneh yang positif. Namun kadang terkesan memaksa sekali. jadi saya pernah punya teman, dia dapat beasiswa sangat tinggi, hampir 8 kali beasiswa yang saya terima, tapi dia masih mencari waktu untuk kerja part time di malam hari. Tapi dengar2 dari anyak tempat kerja, kadang si empunya pabrik atau tempat kerja sering mengeluh karena kerjaan mereka kurang rapi atau kurang memuaskan meski selesai dengan cepat.

Nah itulah sedikit keanehan yang saya temui selama ini. Ada yang mau nambahin????
Previous
Next Post »