Late Post : Graduation

Lama sekali tidak membuka blog, ternyata sudah banyak kecoa nya. Banyak draft yang belum terselesaikan. Akhirnya saya pilih yang paling bawah sendiri untuk dipublikasikan terlebih dahulu. Kali ini tentang...kelulusan.

Yuhuuuuu....saya lulus. LULUS!!!!

Tapi gak usah nanya gimana2 nya ah. Saya males membicarakannya.

Mendingan kita ngomongin soal gimana prosesi wisuda disini. Baru pertama kali ikut wisuda disini, ternyata prosesnya puanjang bener.

Dimulai dari pagi2 sekali pukul 08.30, saya dan teman2 satu program diwisuda secara terpisah dari program naungan kami BWEL. Kemudian dilanjutkan dengan prosesi wisuda dari universitas untuk keseluruhan fakultas dimulai pukul 9.20 sampai 12.00 tet. Wisuda yang sangat lama dengan berkali2 harus berdiri, menunduk memberi hormat, kemudian duduk lagi. Sangat hening.

Ada kejadian memalukan saat prosesi wisuda berlangsung. Pada saat itu para dekanat sedang memberikan pidato yang sangat panjang, saya dan beberapa teman sudah mulai bosan. Saya menengok ke kiri dan kanan, orang2 banyak yang tertidur. Akhirnya saya memutuskan untuk ngegame di ponsel menghilangkan bosan. Ternyata, saya lupa men-silent-kan ponsel saya, dan itu terdengar keras sekali. Saking malunya, saya langsungg matikan ponsel seketika. Wisudawan di sekitar saya sudah menengok ke arah saya, dan saya benar2 seperti kepiting rebus yang sangat sangat malu karena saat itu semua ruangan hening, tidak ada suara kecuali bapak yang berpidato di depan. Hahaha

Some of the International Students of Basin Water Environmental Leaders (BWEL) Program
Prosesi wisuda dari BWEL, bersama Ketua Program BWEL dan Dekan Fakultas Pertanian

Layar besar di depan auditorium
Suasana wisuda universitas, diambil dari bagian tengah agak depan. Dibelakang saya masih banyak sekali wisudawan dan wisudawati. 

Penampakan ketika prosesi wisuda, memakai kebaya brokat jawa tengah dengan motif sakura (thanks to my sister and my mom who sent this), bawahan rok jarik motif parang khas jogja. Konsep rambut dan make up ala Bali.
Dibalik layar, bersama Hami, make up artist yang handal dalam mendandani saya
Setelah prosesi wisuda di auditorium Nagara Conventional Center dengan seluruh wisudawan satu universitas, kami kembali ke universitas untuk mengikuti wisuda di fakultas. Dimulai pukul 14.00 dengan pembagian ijazah dan transkrip nilai di ruang kelas oleh dosen2 pascsarjana, tiap2 jurusan ditempatkan di ruang kelas tersendiri. Kemudian dilanjutkan dengan prakata dan ramah tamah bersama para wisudawan satu jurusan, baik dari anak S1, S2 maupun S3.

Karena saya ada di pojok kanan belakang, dan saya pendek, maka saya tidak bisa mengambil gambar di sebelah depan, jadi gambarnya sedapatnya kamera saya saja. Beginilah suasana ramah tamah di fakultas. Wisudawati jepang mengenakan Hakama (baju tradisional untuk kelulusan), dan yang wisudawan menggunakan setelan jas.

Malam harinya , dimulai pukul 19.00, kami masih harus menghadiri acara shotsugyo party, yaitu pesta kelulusan bagi anak2 yang diwisuda bersama para pembimbingnya masing2. Acara ini dilakukan per jurusan. Satu universitas ditempat yang sama namun dibagi ke dalam bilik2 tersendiri per jurusan.
Suasana di tengah pemberian kenang2an dari mahasiswa untuk dosennya.
Saya bersama Kepala Jurusan Pasca Sarjana Pertanian
Lagi2 ada cerita lucu yang saya alami. Jadi, hari itu saya sudah lelah untuk berjalan. Karena saat mengenakan kebaya saya benar2 sudah capek sekali berjalan dengan langkah yang terbatas. Ribet dengan jariknya. Akhirnya saya memutuskan untuk tidak pulang dan singgah ke rumah Maznah chan. Oleh Mbak Virna, ibunya maznah, saya akan dipinjami baju untuk ganti. Tapi karena bajunya kebesaran semua, saya jadi bingung. Yang ada hanyalah satu buah baju yang cukup di badan saya dan pas. Itu adalah baju jualannya emaknya Maznah. Tanpa pikir panjang, daripada saya pulang capek, mendingan saya beli saja bajunya. Dan tara.....baju merah inilah yang saya pakai. Dan.....saat itu saya ngutang karena ga bawa banyak duit hehehe.
Dalam balutan gaun merah hasil ngutang :))
Pesta berakhir pukul 10 malam. Saya meminta tolong teman saya untuk menjemput saya dan 2 orang sahabat saya, Trang dan Zaya. Akhirnya sampai di rumah hampir pukul 12 malam. Dan saya langsung tertidur pulas tanpa membersihkan make up (don't try this at home).

Dapat bunga dari teman laboratorium
Bersama Mbak Virna, ummi nya Maznah
Three of us. Bersama dua sahabat saya, Trang (kimono) dan Zaya (baju tradisional Mongol)

Three of us waktu di pesta kelulusan malam hari

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
May 13, 2014 at 8:23 PM delete

totally dont understand...

Reply
avatar
Ai Diana
AUTHOR
May 13, 2014 at 8:55 PM delete

OK let me explain briefly, I love you, I miss you :D

Reply
avatar