Little World - Inuyama, Gifu, Japan (Inside the Museum)

Late post sebenarnya sih, tapi gapapa. Saya pengen berbagi pengalaman pertama saya plesiran ke Little World di Jepang. Terima kasih untuk Ito san yang telah mengirimkan kami tiket gratis masuk ke wahana menarik ini.

Berlokasi di Kota Inuyama, Perfektur Aichi, tidak jauh dari tempat saya tinggal, yaitu di kota Gifu. Dari stasiun Meitetsu Gifu hanya mengambil kereta lokal 30 menit seharga 420 yen dengan tujuan stasiun Inuyama. Keluar dari stasiun Inuyama, jalan sekitar 50 meter ke kiri maka akan menemui halte bis khusus. Ada 3 jurusan khusus, yaitu Jurusan Taman Monyet, Jurusan Little World, dan satu lagi saya lupa jurusan apa (lagi malas browsing).

Webnya bisa dilihat disini.

Disini, kita bisa menikmati banyak sekali miniatur negara di dunia. Semacam Taman Mini Indonesia Indah gitu. Dan kita bisa menikmati masakan khas dari negara2 tersebut, juga menyewa kostum tradisionalnya. Indonesia juga ada loh.

Ada pula museumnya. Kebanyakan teman2 dari gifu tidak mampir ke dalam museumnya. Pengalaman kemarin, saya dan teman2 sepertinya yang pertama masuk ke dalam museumnya. Dan sangat sangat wonderful sekali isi dalam museum. Ada literatur bahasa kuno, pakaian kuno dan ada pula ruang video yang memutar adat pembalseman mumi di suku dalam di Papua, Indonesia.

Berikut saya tampilkan beberapa gambar menarik dan cerita di balik gambar itu (kalau masih ingat hehe).



Peta yang menunjukkan lokasi stasiun

Pose judes bersama patung hanoman ala Bali

Al Quran pun ada dipamerkan sebagai salah satu kitab suci di dunia

KIni mainan anak dari Maracas. Harganya satu itu 1500 yen (200.000 rupiah). Kalian tau terbuat dari apa ini?? Buah kering dari pohon Flamboyan!!

Gamelan kecil mainan ini dihargai sebesar 1500 yen (200.000 rupiah) untuk ukuran kecil

Lukisan pemandangan di Dubai memenuhi pintu masuk ruang utama. 3D dan terlihat sepertin nyata.

Dalam video ini disebutkan bahwa suku ...... (lupa) di daerah Nias mempunyai sejarah unik ttg pakaian. Ditayangkan bagaimana mereka melukis badan sebagai "pakaian" dan membuat tato secara primitif denggunakan jarum dan palu. Asli merinding ngeliatnya.

Aku lupa alat2 apa aja ini hehe

Becak ala bangladesh. Kalau yang dihias begini biasanya digunakan dalam acara perkawinan

Topeng2 ini digunakan orang2 Korea untuk seni pertunjukan tradisional. biasanya mengisahkan kehidupan nelayan

Wayang dari india. Cerita yang memang sama intisarinya dengan pewayangan di Jawa, hanya saja versi dari keadaan di sana

Wayang. Proudly present from Indonesia

Memuaskan sekali penjelasannya. Saya sempat mbatin dalam hati "awas aja kalau ditulis wayang dari malaysia, mau tak obrak abrik ni museum". Tapi untunglah, jepang adalah negara yang pintar :)

Ini adalah Fotografer dan Profesor kami yang memandu sesi pemotretan dan tour kami dengan banyak canda tawa dan analisis yang membuat kami berkata "Narukodo"

Kata pak profesor Ilham, modelnya itu seperti apa ya??? Imajinasinya hebat :D
Tapi benar lho ya, orang membuat patung itu kan pasti berimajinasi, atau ada modelnya. Lalu, apakah orang jaman dulu itu wajahnya seperti ini?? Atau pemahatnya kurang berbakat?? hihihi

Topeng dan patung ini berasal dari Jawa Tengah lho

Nah, ini sedikit dari foto2 di dalam museum. Sebenarnya masih banyak lagi hal2 yang bisa kita lihat di dalam musium. hanya keterbatasan memori kamera saya aja jadi banyak yg tidak terfoto. Juga beberapa dokumen lain tersebar di memori teman2. lain waktu saya mintakan ya.

Postingan selanjutnya, akan saya bawa ke wahana Little World nya.




Previous
Next Post »