Mengenal Biskuit Legendaris, Khong Guan

Kita semua pasti mengenal gambar dibawah ini. Ya, Biskuit Khong Guan.

Dari jaman saya kecil, biskuit ini telah menemani hari2 lebaran saya. Moment lebaran adalah moment yang sangat ditunggu2 karena saya menyukai wafer yang ada di kaleng legendaris ini. Tak tanggung2, hampir semua rumah di desa saya pasti membeli biskuit ini. Dan panen anak kecil seperti saya, selain mengharapkan uang fitrahan dari tetangga, adalah memanen wafer khong guan.

Tapi, kita tau gak sih seluk beluk biskuit itu??? Dan bagaimana perusahaannya bertahan hingga lebih dari 20 tahun??? Yuk, saya kepingin mengulas sedikit mengenai Khong Guan Corporation.

Tidak sulit bagi saya untuk menemukan informasi mengenai Khong Guan ini. Namun agak rancu juga karena ada beberapa nama yang sama tetapi dengan produk yang berbeda. Website resmi dari Khong Guan bisa dibuka di Khong Guan CorporationKhong Guan International dan Khong Guan Indonesia . Menurut yang tertulis di websitenya, perusahaan ini didirikan pada tahun 1947 di Singapura. Perusahaan ini berawal dari perusahaan lokal kecil biasa hingga tumbuh berkembang menjadi perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat dalam pengembangan produk dan sistem pemasarannya.

Dimulai dari tahun 1986, perusahaan ini membuka cabang pertama di Amreika, yaitu di California. Sejak itu Khong Guan menjadi terkenal dan merambah ke seluruh dunia. Justru pada tahun 1991, biskuit ini baru masuk ke wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Padahal, Singapura dan Indonesia dekat sekali ya.

Di Indonesia sendiri, Khong Guan bekerja sama dengan Indofood dan Danisa dalam perkembangan bisnisnya. Perusahaan ini telah mengantongi HACCP dan ISO22000:2005 dari LT-IPB serta Sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia.

Ada artikel menarik yang saya temukan mengenai asal usul pendiri Khong Guan. Bisa dibaca di sini. Tulisan ini dalam bahasa Inggris, tapi berhubung waktu saya pendek, harus segera menyelesaikan yang lain, maka sementara ini saya berikan sumber bacaannya dulu hehe. Lain kali saya edit untuk inti sarinya.

Di Kaskus, juga telah dibahas tentang pelukis gambar di kaleng legendaris ini, baca disini.


MEMES

Banyak banget meme yang saya temukan di Internet mengenai biskuit legendaris ini. Sampe ada syahrini juga. Ini saya postingkan beberapa meme yang saya temukan. Selamnat menikmati.

Dari Kaskus
Edisi Line
Edisi Politikus

Edisi Syahrini dan Angel Lelga
Edisi Spongebob

Lagi2 Syahrini


Selalu kangen dengan wafernya
Previous
Next Post »