Wednesday, July 22, 2015

Mengenal Bacon

Bagi orang2 udik seperti saya, makanan mewah ala barat yang ada di resto2 ibu kota merupakan sesuatu hal yang asing. Asal makan, kerap terjadi pada saya tanopa tahu kandungan apa. Predikat Indonesia sebagai negara yang myoritas muslim telah meng-gebyah uyah padanan kata halal untuk daging2an. Semenjak tinggal di luar negeri, kebetulan lingkungan yang islami kuat dan menaruh perhatian lebih terhadap makanan2 halal, saya mulai berfikir dan mempertanyakan kehalalan dario resto2 di Indonesia. Ah, siapa bilang nyari makan halal di luar negeri susah? Menurut pengalaman banyak teman2 saya yang tersebar di berbagai penjuru dunia, gampang koq. Mereka tinggal tanya, kandungan apa yang ada, dan penjaga tokonya akan menjawab dengan ramah. Beda kalau kita tanya di Indonesia, salah2 kita malah di damprat dan diusir dari restonya.

Tapi, ya sudahlah. Kali ini, saya akan membahas mengenai bacon, ham dan cocktail. Setelah banyak sekali, saya melihat beberapa teman dan relasi saya yang Islam, namun berbagai postingannya koq rada tidak hati2 dalam memesan makanan. Mungkin, dia tidak tahu apa yang sedang dimakannya. Semoga saja begitu, semoga saja pikiran buruk saya salah.

Nah, karena saya berangkat dari manusia udik desa, dan kurang mengenal makanan 3 tadi, maka saya ingin membagi pengetahuan yang saya dapat selama disini buat kalian2 yang merasa masih udik juga, biar dapat pengetahuan baru gitu. Jangan malu, wong saya juga tadinya udik koq hehe. Kali ini, saya ingin mengenalkan apa itu yang namanya BACON dulu. Yang ham dan cocktail nanti dibahas di lain halaman.


YellowFin Sake Bar & Kitchen (Win Tickets to Japan!)
Sumber: http://anakjajan.com/2014/04/08/yellowfin-sake-bar-kitchen/
Yellow Fin Sake Bar and Kitchen di Grand Indonesia
sumber: www.instagramkusu.com
Salah satu menu di H Gourmet and Vibes, restorannya Vidi, iya Vidi aaah..Oxavia
Gambar tadi adalah salah satu menu di restoran yang ada di Indonesia. Ini menggunakan bacon. Iya bacon. Penampakan bacon mentah dan matang ada di bawah ini.

Bacon raw
Sumber: www.imagekb.com 
Bacon matang
Sumber: www.bigpoint.com 
Lezat banget ya kelihatannya. yang matang itu kayak sale pisang kan?

Bacon itu sebenarnya adalah olahan daging babi. BABI. PIG. Hooh BABI. Kalau nggak percaya, kalian bisa loh googling.

Bacon ini, banyak sekali terdapat di resto2 ala western atau luar negeri di Indonesia. Memang ada beberapa yang mengklaim bahwa itu beef bacon. Tapi, sebaiknya, kalian juga mengenali mana daging sapi dan mana daging babi.

Ini beef bacon. Halal insyaa Allah
Nah sekarang, perhatijkan gambar bacon di atas dan yang beef bacon. Beef bacon banyak dagingnya, sedangkan bacon asli banyak lemaknya. Seperti yang kita tahu bahwa daging babi mengandung banyak lemak. Makanya orang bilang daging babi itu enak. Tapi buat kita yang muslim, harap lebih berhati2. 

Gimana dengan bacon yang di cincang2 kecil?

Caranya gampang, bacon asli berwarna agak lebih pucat, sedangkan beef bacon berwarna merah gelap. 

Kalau yang dibakar dan sudah dikasih saos?

Hmmm...ya..hindari aja lah memakannya, kan masih ada banyak pilihan menu hehe.

Semoga denganpostingan saya, keudikan kalian berkurang seperti saya ya...hehehe


EmoticonEmoticon