2016, Saatnya membuat resolusi kecil yang bermakna

Hai...ini merupakan postingan saya yang pertama kalinya di tahun 2016. Tanpa terasa sudah tahun baru, ya. Pada akhirnya saya menyadari bahwa banyak sekali waktu yang terbuang percuma di tahun 2015 dan tahun2 sebelumnya. Tanpa terasa umur kita semakin bertambah, tapi kita tidak mempunyai hal2 yang menakjubkan yang bisa dibagikan. Ah, hidup memang selalu embuh.

Tapi, bukan berarti kita tak bisa mengubah sejarah hidup kita sendiri. Selama kita masih bernafas, kita akan selalu bisa membuat sesuatu yang mungkin suatu saat nanti akan dikenal banyak orang.

Tahun baru identik dengan resolusi baru. Biasanya nih, kita selalu pasang target tinggi untuk resolusi. Iya sih, maksudnya memang supaya mudah terpacu. Tapi, bagi sebagian orang, membuat resolusi yang ketinggian kadang malah bikin sakit hati di akhir tahun, karena banyak resolusinya yang tidak tercapai.
www.kappit.com
Seperti itulah kira2 gambarannya. Nah apa kalian yang tipe itu??? Kalau saya sih beda hihi.

Untuk menghindari adanya ketidak bersyukuran di akhir tahun karena banyak resolusi yang gagal, lebih baik untuk membuat tujuan2 yang kecil, namun mudah untuk dicapai. Jangan khawatir untuk tidak tertantang. Tetapi, justru itulah yang sebenarnya akan membuat kalian makin produktif.

Penjabarannya begini:

Ketika kita membuat tujuan besar, maka kita harus melakukan usaha yang besar pula. Namun, kadang kita lupa bahwa setiap usaha pasti ada ganjalannya. Dan, kita juga lupa bahwa manusia diciptakan sebagai makhluk yang suka bermalas2an. Tentu saja, saat ganjalan mengenai usaha kita, bukanlah sesuatu yang tidak mungkin kita akan berhenti dalam waktu yang cukup lama sebelum kembali membangun usaha yang baru. Bukan tidak mungkin pula kita harus melakukan usaha dari bawah lagi. Ingat, bahwa setiap tujuan yang besar, pasti resikonya juga besar.

Waktu akan selalu berjalan sama. 24 jam dalam 1 hari. 60 detik dalam 1 menit. Dan sebuah tujuan yang besar tidaklah mungkin bisa dicapai dalam waktu yang singkat. Emm..kecuali kamu punya banyak uang. Kalau tujuan kita tidak tercapai di tahun ini, maka otomatis kita harus melakukannya di tahun depan.

Untuk itulah, marilah kita ubah metode. Set tujuan jangka panjang dan jangka pendek. Jangka panjang adalah sesuatu yang bisa kita kerjakan secara sambilan. Dalam arti, bukan merupakan tujuan utama kita di tahun ini. Dan tujuan jangka pendek adalah hal2 yang harus kita capai di tahun ini. Usahakan yang simpel saja, yang bisa kita kerjakan dengan baik.

Buatlah daftar pencapaian tahun ini. Maka di akhir tahun, kalian akan melihat berapa banyak pencapaikan kecil yang telah kalian raih. Dan berapa persen progress pencapaian jangka panjangnya.

Bandingkanlah dengan metode tahun lalu. Bukankah lebih memuaskan begini? Pencapaian2 kecil ini akan membuat kita lebih bersyukur kepada Tuhan, lebih terpacu untuk melakukan hal yang lainnya lagi yang belum dilakukan sebelumnya, dan pastinya membuat kita lebih produktif.

Selamat mencoba kawan.
Semoga tahun ini lebih baik dari tahun kemarin.
:)
Previous
Next Post »