Bayam kita ternyata bukan Amaranthus tricolor

Ini entah saya yang nggak ngerti atau memang dari dulu doktrinnya memang kalau nama latin bayam di Indonesia adalah Amaranthus tricolor? Setelah melakukan penyelidikan dengan latar belakang ke-tiba-tiba-ingat-an, saya memutuskan untuk menulis soal bayam. Dan karena kebetulan hari ini saya sedang tidak berselera untuk membaca paper-paper yang dimata saya tidak lebih dari sebuah ranjau pedas karena saya masih tidak terlalu mampu memahami kalimat berbahasa inggris dengan cepat.

Mari kita bahas terlebih dahulu mengenai Amaranthus tricolor.

Amaranthus tricolor6.jpg
Amaranthus tricolor
Rupanya, bentukan A. tricolor ini memang 3 warna. Seperti yang terlihat di gambar diatas ini. Merah, hijau dan perpaduan warna antara merah dan hijau, yaitu kuning. Karena tiga warna inilah makanya dinamakan tricolor, three colour. Bandingkan dengan gambar dibawah ini yang merupakan bayam yang kita makan sehari-hari.

bayam segar yang membuat saya ingin makan sayur bening dengan jagung manis
khasimanfaat.com

Lalu, apa sebenarnya nama latin dari bayam yang biasa kita makan?

Ada beberapa jenis bayam yang biasa kita makan sebenarnya. Kalau mau sedikit lebih jeli nongkrong di warung atau pasar, perhatikanlah tanaman bayamnya. Kadang akan ditemui daun bayam yang lebar, sempit, besar, kecil. Kadang batangnya ada yang berwarna hijau, ada pula yang sedikit kemerahan, ada durinya, atau tidak ada durinya. Kadang bunganya ada yang berwarna hijau muda, hijau tua, dan juga ada yang kemerahan. Nah, penyelidikan saya di Wikipedia, saya menemukan banyak sekali nama latin dari bayam berikut dengan penam pakannya.

1. Amaranthus viridis

A. viridis ini merupakan spesies asli dari sebelah utara India. Ciri-ciri bayam jenis ini adalah daunnya yang berbentuk lebar namun kecil, dengan batang berwarna hijau dan bunga yang berwarna hijau kemerahan dengan bijinya yang gampang sekali diambil (hanya dengan sentuhan tangan).

Amaranthus viridis 25042014 1.jpg
Amaranthus viridis
2. Amaranthus dubius

A.dubius ini biasa disebut sebagai bayam merah china atau bayam china. Meskipun sebenarnya bayam ini adalah tanaman asli dari Amerika selatan. Bayam ini dalam dunia agronomi dikenal sebagai spesies bicolor atau dua warna, yaitu hijau dan merah. Ciri-ciri bayam ini adalah daunnya yang agak sempit dan tidak terlalu panjang, batang yang berwarna hijau dengan garis-garis merah, serta bunganya berwarna hijau pekat. Bayam ini terkenal menyakitkan jika disentuh kurang hati-hati, karena durinya lumayan tajam.

Starr 040527-9001 Amaranthus dubius.jpg
Amaranthus dubius
3. Amaranthus palmeri

A. palmeri ini merupakan tanaman asli daerah Amerika utara. Diantara jenis bayam amaranth yang lain, bayam ini adalah spesies yang paling kaya nutrisi bagi manusia, namun menjadi racun jika dimakan oleh hewan ternak. Ciri-ciri dari bayam ini adalah daunnya yang hijau pekat dengan ukuran sedang, tidak terlalu besar juga tidak terlalu panjang. Batangnya hijau pekat, namun tangkai daunnya berwarna sedikit merah muda. Sedangkan bunganya berwarna hijau pekat. Bayam jenis ini yang lebih banyak kita temukan di pasar tradisional.

Amaranthus palmeri.jpg
Amaranthus palmeri

4. Amaranthus hybridus

A. hybridus ini merupakan spesies persilangan antara bayam merah dengan bayam hijau. Uniknya, bayam hibrida ini bukan merupakan persilangan yang disengaja oleh manusia, melainkan persilangan secara alami dan menurunkan anakannya secara genetik seperti bentuk persilangannya (bukan kedua induknya). Bayam ini merupakan tanaman asli Amerika Utara dan tengah. Sebenarnya, bayam jenis ini merupakan rumput liar, meskipun bisa dikonsumsi. Ciri-ciri bayam jenis ini adalah daunnya yang besar, dengan bunga yang berbentuk gerombolan besar pula. Warna daun dan batang hijau pekat. Sedangkan warna bunga adalah hijau sedikit kemerahan.

Amarant grĂ¼n.jpg
Amaranthus hybridus
5. Amaranthus cruentus

A. cruentus ini adalah tipe bayam merah. Bayam ini merupakan tanaman asli dari Amerika tengah. Karena tingginya nutrisi, bayam merah ini pun dapat dikonsumsi. Ciri-ciri bayam ini adalah daunnya yang berwarna merah di permukaan atas, dan sedikit kehijauan di permukaan bawah. Batangnya berwarna hijau dan bunganya berwarna merah. Di Indonesia, bayam ini dikenal sebagai bayam merah.

Amaranthus cruentus
Jadi, sudah jelas kan ya, ternyata bayam itu nama latinnya tidak mutlak Amaranthus tricolor. Jadi, besok lagi kalau mau nge-coass-in cek di wikipedia dulu. Ah, jaman saya kuliah belum marak wikipedia, jadi harap maklum hehe.
Previous
Next Post »