Dibalik makna "Kawaii"



Gara-gara teman saya nanyain arti "Kawaii on the street, Senpai on the sheet", saya jadi ingin membahas soal macam-macam makna kata Kawaii. Dalam bahasa jepang, Kawaii atau tulisan jepangnya かわいい / 可愛い , secara harafiah berarti lucu atau cute, lovable, adorable. Namun, dalam penggunaannya, tidak selalu berarti lucu. Orang jepang memang terkenal dengan karakteristiknya yang menyampaikan sesuatu secara tersirat atau secara tidak langsung pada pokok kata yang ingin disampaikan. Maka, banyak sekali kata2 yang mengandung arti ambigu. Namun, jika kita sudah mempelajarinya, maka kita akan tahu, makna yang mana yang ingin mereka sampaikan. Seperti makna kata "kawaii" ini.

Berikut adalah beberapa makna "kawaii" yang saya rangkum setelah saya melakukan wawancara dengan beberapa teman jepang.

1. Lucu / Cute

Ini adalah arti kawaii jika dilihat dari segi tata bahasa. Jika melihat ke kamus, maka kawaii akan diartikan sebagai lucu atau cute. Biasanya, kawaii dengan arti lucu ini penggunaannya ditujukan kepada pernak-pernik lucu dan juga ditujukan kepada bayi2 imut.

ini kawaii
rilakkumabonekalucu.com
Ini juga kawaii
www.tipsanakbayi.com
2. Cantik / Beautiful

Cantik dalam bahasa jepang di kamus sebenarnya adalah "utsukushii" / うつくしい美しい. Namun, penggunaan utsukushii dipakai dalam sebuah level yang lebih tinggi dan elegan. Orang jepang jika memuji kecantikan seorang gadis, maka lebih banyak menggunakan kata kawaii. Sedangkan untuk memuji seorang wanita (yang sudah bersuami, umur diatas 25 tahun), maka akan menggunakan utsukushii.
"お姉ちゃんは可愛いです" / "kakak ini cantik"
m.1mobile.co.id
3. Sexy

Orang jepang terkenal dengan karakternya yang juga sopan dengan orang lain. Ketika dihadapkan dengan wanita atau pria seksi dihadapan mereka, mereka tidak akan mengatakan seksi secara langsung. Namun, mereka akan menggunakan kata kawaii sebagai ungkapannya.
"お姉ちゃんは可愛いです" / "mbaknya seksi deh"
4. Lucu / funny

Terkadang, ketika ada yang melontarkan gurauan lucu, orang jepang juga akan memberikan komentar "kawaii" terhadap gurauan atau jokes tersebut. Meski ada juga yang mengatakan "omoshiroii", tetapi, sebagian besar (terutama para wanita) lebih suka memakai kata kawaii untuk mengekspresikan lucu / funny ini.

"可愛い人" / "orang ini lucu" (Matsuko Deluxe - pelawak jepang)
www.japantoday.com
5. Aneh / Strange

Karena orang jepang tidak suka mengatakan hal secara langsung, maka kadang kala mereka ketika ingin mengatakan bahwa tingkah seseorang atau atributnya itu dirasa aneh, namun mereka tidak ingin menyakiti hati orang tersebut, maka mereka lebih suka menggunakan kawaii untuk mengungkapkannya.

"その服が可愛いねー" / "duh, bajunya aneh ya"
wordtraveler5.wordpress.com

Nah kira2 begitulah penggunaan kata "kawaii" dalam percakapans ehari2 di Jepang. CMIIW yaa..kalo ada yang kurang, boleh ditambah loh :)






Previous
Next Post »