Tips: Macam Cherry Blossom di dunia

Sudah tidak diragukan lagi bahwa Sakura atau Cherry Blossom adalah bunga yang mencerminkan negara Jepang. Namun, jangan salah, Cherry Blossom sebenarnya banyak tersebar di daerah sub-tropis. Meskipun, pada dasarnya, Sakura adalah spesies Cherry Blossom yang original dari jepang, yaitu Prunus serrulata. Sebelum masuk ke bunga Sakura atau Prunus serrulata, saya ingin memperkenalkan beberapa spesies Cherry Blossom yang tersebar di daerah sub-tropis lainnya.

1. Prunus avium - セイヨウミザクラ  - Seiyoumi Zakura ( Sweet Cherry)

Dikenal dengan nama Sweet Cherry dan berasal dari daerah Eropa hingga ke Asia barat. Spesies ini menghasilkan buah cherry yang bisa dimakan. Warna bunganya putih cerah dengan kontras hijau pada daunnya dengan sedikit jarak diantara mahkota bunganya. Biasanya berbunga bersamaan dengan daunnya.

Bunganya Prunus avium
commons.wikimedia.org
Buah cherry dari Prunus avium
www.daleysfruit.com.au
Pohonnya Prunus avium waktu berbunga
en.wikipedia.org
2. Prunus padus - エゾノウワミズザクラ - Ezonoufumi Zakura (Bird Cherry)

Dikenal dengan nama Bird Cherry karena buah cherry-nya sangat disukai oleh burung. Bentuk cherry-nya sangat kecil berwarna merah pekat. Spesies ini merupakan cherry blossom asli dari daerah Eropa Utara dan Asia Utara. Di daerah Inggris, spesies ini lebih dikenal dengan nama Hackberry. Sayangnya, cherry ini mengandung racun oleh glycosides prulaurasin dan amygdalin yang terkadung dalam batang, daun dan buahnya. Spesies ini juga berbunga bersamaan dengan tumbuh daunnya, dengan bunga warna putih cerah disertai serbuk sari yang menyebar di tengah. Mahkota bunganya berbentuk rapat menggemuk terkesan tidak ada jarak diantara mahkotanya.

Bunganya Prunus padus
gallery.new-ecopsychology.org

Pohon Prunus padus ketika berbunga
www.pictokon.net
Buahnya Prunus padus
www.treesandhedging.co.uk
3. Prunus cerasus - スミミザクラ - Sumimi Zakura (Cherry)

Prunus cerasus atau sebenarnya kita biasa makan buah cherry-nya yang selalu ada di setiap kue tart ulang tahun. Bunga cherry ini sebenarnya putih biasa, hampir mirip dengan bunga Prunus avium. Daya tarik dari spesies ini sebenarnya bukan terletak di bunganya, melainkan pada buahnya. Buah cherry ini lebih menarik bentuknya dibanding dengan buah cherry dari spesies lainnya. Bunganya biasanya mekar sedikit lebih dulu dari daunnya. Buah ini sebenarnya berasal di daerah Eropa Barat Daya hingga Asia barat Daya.

Bunga Prunus cerasus
tcpermaculture.blogspot.com
Buah Prunus cerasus atau buah cherry yang biasa kita makan
www.gettyimages.com
Pohon Prunus cerasus ketika berbunga
en.wikipedia.org
4. Prunus fruticosa (Dwarf Cherry)

Dikenal juga sebagai Cherry Mongolia. Spesies ini berasal dari daerah barat Rusia hingga ke Italia. Spesies ini berbeda dengan spesies cherry blossom lainnya, karena bentuknya yang bukan pohon. Spesies ini berbentuk semak-semak. Warna bunganya putih dengan kelopak bunga yang berwarn hijau kemerahan. Buahnya biasanya digunakan masyarakat setempat sebagai bahan pembuat selai.

Bunga Prunus fruticosa
commons.wikimedia.org
Buah Prunus fruticosa
www.fruitipedia.com
Pohon Prunus fruticosa
botanische-spaziergaenge.at
5. Prunus campanulata - カンヒザクラ - Kanpi Zakura (Bellflower Cherry / Sakura Okinawa)

Spesies ini boleh dikenal sebagai Sakura Okinawa, karena berasal dari Jepang dan sekitar Taiwan, China serta Korea hingga daerah utara Vietnam. Spesies ini merupakan simbol kota Nago di Okinawa. Warna bunga sakura ini adalah pink kemerahan dengan bentuk yang seperti lonceng dan menghadap ke bawah. Jika dilihat dari bawah, spesies sakura ini menggerombol sehingga terlihat seperti sarang lebah. Namun, spesies ini rupanya telah menjadi spesies invasif di Selandia Baru bagian utara. penyebabnya adalah penjualan ilegal spesies ini, namun ternyata justru malah tumbuh subur dan menjadi invasif (mengancam keberadaan spesies lokal). Namun tidak heran, karena bunga sakura ini sangat unik dibanding dengan bunga cherry blossom lainnya. Sakura ini mampu menghasilkan buah cherry yang bisa dimakan, dan lebih dikenal sebagai Taiwan Cherry.

Bunga sakura Prunus campanulata
selectree.calpoly.edu
Pohon Prunus campanulata saat berbunga
www.onlineplantguide.com
Buah dari Prunus campanulata
hort.ifas.ufl.edu
Nah itu tadi beberapa spesies dari cherry blossom selain sakura jepang (kecuali nomor 5). Untuk mengenal macam-macam sakura, kita akan bahas di postingan berikutnya, entah kapan (kalau nggak males). Semoga bisa menjadi pencerahan bagi teman-teman yang sedang bepergian ke daerah sub-tropis di musim semi dan menemukan tanaman yang mirip dengan sakura, namun ternyata itu bukan sakura yang asli dari jepang dan justru kadang tidak ada di jepang.

Previous
Next Post »