The Power of Cimplukan Around The World

Cimplukan. Kita mengenal cimplukan sebagai buah perdu yangs ering tumbuh liar di kebun. Saat ini, sudah hampir punah. Dimana waktu saya pulang ke Indonesia terakhir kali, sudah tidak banyak lagi menemukan pohon cimplukan di kebun sekitar rumah. Tapi, readers, tau nggak sih kalau ternyata cimplukan itu justru menjadi buah yang terkenal di luar negeri? Padahal di Indonesia, hampir tidak ada orang yang berinovasi dengan cimplukan. Tertarik pun tidak.

Kali ini, saya akan mengajak readers untuk berkeliling dunia melalui cimplukan. Cimplukan atau dalam bahasa internasional dikenal sebagai Golden Berry, Gooseberry atau Incan Berry ini rupanya telah menjadi komoditas buah yang sejajar pamornya dengan strawberry. Dan berikut adalah produk-produk dari seluruh dunia yang memanfaatkan cimplukan.

1. Pacari Chocholate (Ecuador)

Saya mention pertama kali, karena saya pernah makan ini. Teman baik saya, Sebastian, dia memberi saya oleh2 dari Ecuador coklat ini. Coklatnya sih biasa, seperi silverqueen, namun di dalam coklatnya terkandung cimplukan yang telah dikeringkan seperti kismis.
www.glutenfreemall.com
2. Golden Berry Jam (USA)

Tertulis Food for The Immortal dalam komersilnya. Rupanya, cimplukan ini kaya akan vitamin C dan anti oksidan menurut sumber ini. Cimplukan juga kaya manfaat seperti dapat menormalkan kadar gula dalam darah, bagus untuk organ dalam dlsb.

http://www.longevitywarehouse.com/food-for-the-immortals-organic-goldenberry-jam-300g
3. Dried Golden Berry (USA)

Terdapat juga dried golden berry yang seperti kismis di USA.

www.terrasoul.com
4. Chocolate Covered with Golden Berry (Peru, USA etc)

Sama dengan PACARI dari Ecuador. Kebanyakan, cimplukan dipasarkan sebagai salah satu varian buah dalam produk olahan coklat.

www.oneworldprojects.net
5. Golden Berry Slimming Tea (Turkey)

Karena kandungan dalam cimplukan, rupanya di Turki menjadikannya dipakai sebagai salah satu obat pelangsing badan.
Sayangnya, saya tidak menemukan gambar bungkusnya, namun informasinya bisa dilihat disini.

6. Fresh Golden Berry in Jar (Columbia)

Cimplukan juga dijual di dalam gelasan atau kalengan agar awet. Dalam bentuk fresh ataupun manisan.

unknown
https://marleneaffeld.com/2015/10/23/amazing-health-benefits-of-golden-berries/
7. Golden Berry Powder in Pill (UK)

Di inggris, orang bahkan membuat cimplukan ini menjadi obat, dan dimminum kayak orang indonesia minum habatussauda itu.

www.ocado.com

8. Golden Berry Juice (UK)

Bahkan ada minuman rasa cimplukan!!

http://www.pulpastore.co.uk/inca-berries-70/
Dan masih banyak lagi produk varians yang memakai cimplukan.

Nah, jadi readers sudah tahu kan kalau ternyata, cimplukan itu bisa dikembangkan dan dimanfaatkan. Indonesia itu sangat kaya akan sumber daya alam. Nggak usah jauh2 impor dari Peru. Kita juga punya cimplukan koq sebetulnya. Mengapa lebih bangga beli cimplukan impor? Kalau sebenarnya kita bisa blusukan ke kebon untuk mengambil cimplukan liar. Malah, bisa ditanam sendiri. 

Kita pun, bisa mengembangkan cimplukan dan menjadikannya terkenal di Indonesia. Bisa koq cimplukan bersaing dengan blueberry. Indonesia nggak bisa menanam blueberry di semua daerah. Tapi cimplukan bisa ditanam di semua daerah di Indonesia. Bukankah itu merupakan sesuatu yang potensial?






Previous
Next Post »