Tips: Macam-Macam Sakura

Masih lanjutan yang kemarin, kali ini saya akan membahas macam cherry blossom yang merupakan asli dari Jepang, yang biasa kita kenal dengan nama Sakura. Ada beberapa macam spesies sakura, kadang mekarnya lebih dulu, kadang juga mekarnya lebih lambat. Di postingan sebelumnya tentang macam cherry blossom, pada nomor terakhir cherry blossom yang saya tulis adalah salah satu dari cherry blossom yang asli dari jepang. berikut, adalah macam bunga sakura yang banyak dijumpai di jepang.

1. Prunus serrulata - ヤマザクラ (Yamazakura)


Sakura ini adalah sakura yang asli dari Jepang, sehingga bentuk bunga dari sakura inilah yang dipakai menjadi simbol dari negara Jepang. Bunganya berwarna putih atau pink lemah dengan ciri khas yang sangat unik,yaitu kelopaknya yang berbentuk hati yang berjumlah 5 lembar. Sakura ini dapat berbuah, namun jarang sekali mampu untuk berbuah. Buahnya kecil dan rasanya sangat asam. Bunga ini mekar diantara awal April hingga Awal mei dari Okinawa hingga ke Hokkaido.

Yamazakura
www.miho.or.jp
Ada sekitar beberapa varietas yang terkenal dari Yamazakura ini. Disetiap varietasnya ada banyak sekali sub-varietas yang nggak mungkin saya tulis satu per satu. Tapi, pada dasarnya, inilah varietas yang terkenal dari Yamazakura.

a. Spontanea (Prunus serrulata var serrulata)


Varietas ini tersebar di Jepang, Korea dan China
var spontanea putih
var Spontanea pink

b. Ingram (Prunus serrulata var hupehensis)


Varietas ini tersebar di China tengah. Perbedaannya dengan varietas Spontanea, bunga Ingram ini lebih "gemuk" dengan warna perpaduan antara putih dengan pink seperti gambar dibawah.

var Hupehensis

c. Makino (Prunus serrulata var Iannesiana)


Varietas ini tersebar hanya di Jepang. Dikenal juga sebagai Satozakura.

var Makino

d. Maxim (Prunus serrulata var spontanea E.H Wilson)


Varietas ini memiliki bunga yang mirip dengan Var Spontanea (Prunus serrulata var serrulata), namun ukuran bunganya lebih kecil.

Var Maxim
blog.daum.net

2. Prunus sargentii - オオヤマザクラ (Ooyamazakura)


Spesies ini natif dari daerah Jepang, Korea, China dan Pulau Sakhalin (Rusia). Spesies ini pula yang merukapan satu2nya spesies yang kayunya sangat kuat diantara spesies sakura lainnya. Namanya diambil dari nama Charles Sprague Sargent yang merupakan botanis dari Harvard university atas jasanya menamai spesies ini.

Oyamazakura
commons.wikimedia.org


3. Prunus verecunda - カスミザクラ (Kasumizakura)



Spesies ini berasal dari Jepang dan Korea. Bunganya putih dengan daun yang merah kecoklatan. Gerigi pada kelopaknya lebih banyak dibanding dengan spesies sakura lainnya.

Kasumizakura
www.keele.ac.uk

4. Prunus incisa - マメザクラ (Mamezakura)


Spesies ini berasal dari daerah Hongo, Jepang.  Bunganya sangat kecil seperti biji kacang. Oleh karena itu bunganya disebut mamezakura (mame = kacang). Bunganya berwarna putih, dan buahnya biasa dikenal juga dengan sebutan Fuji Cherry. Bentuk tanamannya merupakan semak pendek, dan bukan pohon.

Mamezakura
www.ornamental-trees.co.uk

5. Prunus speciosa - オオシマザクラ (Ooshimazakura)


Spesies ini berasal dari daerah pulau  Izu Ōshima island dan  Izu Peninsula dipulau Honshū. Buahnya berwarna hitam, sehingga sering dikenal sebagai Black Cherry. Di daerah Izu ditemukan pohon ooshimazakura yang berumur lebih dari 800 tahun.

Ooshimazakura
commons.wikimedia.org
Nah itulah beberapa spesies dasar dari sakura. Masih banyak varians dan hibrida lain yang unik. Lain kali saya akan bahas tentang beberapa varians dan hibrida dari sakura.

Untuk menikmati sakura, sebaiknya datang ke Jepang saat akhir Maret hingga menjelang tanggal 15 april. Nasmun, bagi yang ingin menikmati bunga sakura di pulau Hokkaido, awal bulan mei adalah saat yang tepat. Karena di Hokkaido suhu relatif lebih dingin daripada daerah jepang lainnya.
Previous
Next Post »