The Power of Kersen/Talok Around The World

Di postingan lalu, saya membahas tentang bagaimana kerennya Cimplukan (Golden Berry), maka kali ini, saya akan membahas mengenai Kersen atau Talok (Muntingia calabura). Pohon yang sering kita temui sewaktu kecil, buahnya merah manis, bunganya seperti bunga sakura. Namun sayangnya, pohon kersen saat ini makin jarang ditemui. Padahal, sama seperti cimplukan, di belahan dunia yang lain, kersen merupakan buah yang sejajar juga dengan buah cherry lainnya.

FYI, kersen, atau lebih dikenal sebagai Jamaican Cherry di mata internasional, merupakan perdu yang bunganya disejajarkan dengan bunga sakura di Jepang loh. Di jepang, dikenal dengan sebutan Nanyouzakura. Karena meski bukan merupakan famili Rosaceae dan genus Prunus, kersen yang berasal dari famili Muntingiaceae dan genus Muntingia ini mempunyai bentuk daun dan bunga yang serupa dengan sakura.

Kersen juga sudah ada penelitiannya. Di tahun 2012, dalam sebuah penelitian yang bisa diakses di springer, Gomathi et al, disebutkan bahwa kersen mengandung antioksidan yang tinggi.
Paper tentang kersen
Dan berikut ini, beberapa produk di belahan dunia yang menjadikan kersen sebagai daya tariknya.

1. Shisha Aroma (Poland)
http://arlgroup.pl/product-eng-521-SHISHAROMA-VAPOR-STONES-JAMAICAN-CHERRY-120G.html
http://theshisha.pl/product-eng-603-SHISHASYRUP-JAMAICAN-CHERRY-100ML.html

Ini bukan sirup yang bisa diminum, namun ini merupakan bahan dasar hookah atau shisha. Tidak disangkal lagi bahwa buah kersen memang mempunyai aroma yang sangat manis. Tidak heran jika kemudian dibuat menjadi semacam aroma terapi, shisha maupun parfum.

2. Shampo (Australia)

Di australia, ada varians shampo anjing beraroma kersen.

http://www.newapproach.com.au/?wpsc-product=pets-first-dog-shampoo-jamaica-cherry
3. Minuman ringan (Jamaica/Cuba/Carribean)

Selain diambil aromanya, kersen juga dijadikan bahan dasar minuman ringan. Tidak diragukan lagi, karena kersen mempunyai rasa yang sangat manis.

http://firstworldimports.com/store/advanced_search_result.php?keywords=lasco

4. Varians susu (Jamaica)

Tak heran jika kersen lebih dikenal sebagai Jamaican Cherry, karena di Jamaica, kersen dibudidayakan dan dimanfaatkan sedemikian rupa terkenalnya. Berikut adalah produk perasa susu. Sedangkan di Indonesia, perasa susu masih mengandalkan jeruk, strawberry, anggur dan melon. Padahal, kita punya golden berry alias cimplukan dan juga kersen yang bisa tumbuh subur di bumi Indonesia, khususnya Jawa.

http://www.finditinjamaica.com/jamaica_citrus_growers_limited.htm

5. Sirup (Inggris)

Di Inggris, kersen dijadikan salah satu varians sirup loh.

www.amazon.co.uk

6. Es Krim (Caribean/Jamaica)

Bahkan rasa es krim pun dari kersen.

http://www.caribcream.com/products-all

7. Teh (Indonesia)

Rupanya, di Indonesia sudah ada produk herbal lokal yang memanfaatkan daunnya sebagai teh

en.produkpalawija.web.indotrading.com

Nah itu dia beberapa produk yang bisa memanfaatkan kersen. Padahal, di indoensia kersen bisa tumbuh dengan sangat subur. kenapa ya nggak pernah terpikir untuk mempopulerkan dan memanfaatkan potensi alam Indonesia? Semoga kedepannya buah asli Indonesia bisa lebih dikenal dan dimanfaatkan.

Previous
Next Post »