Indonesia tetapi Bukan Dari Indonesia

Hari ini saya mengubek-ubek Amazon untuk mencari produk-produk Indonesia mana yang bisa dijual. Namun, betapa kagetnya saya ternyata banyak sekali saya temukan produk-produk dengan nama Indonesia, dan juga khas Indonesia, tetapi produksinya dan juga pembuatnya bukan dari Indonesia. Nah, berikut ini adalah produk-produk yang mengatasnamakan Indonesia, namun uangnya bukan untuk rakyat Indonesia.

1. Cook's Ketjap Manis
https://www.ocado.com/webshop/product/Cooks-Ketjap-Manis-Indonesian-Sweet-Soy-Sauce/45216011
Menggunakan nama Ketjap Manis yang merupakan ejaan lama khas Indonesia, rupanya Cook's Brand ini bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari Malaysia. Berikut detailnya:

Country of Origin
Malaysia

Manufacturer

Produced for:
W. Wing Yip Plc,
375, Nechells Park Road,
Nechells,
Birmingham,
B7 5NT.

Origin:
Produced in Malaysia

2. Indonesian Cinnamon Stick from Penzeys Spices
amazon.co.jp
Kayu manis asal Indonesia ini rupanya berhasil menembus pasaran USA dengan packaging dari Penzeys Spices yang merupakan perusahaan asal USA.

3. Willie's Cacao Indonesian Black Chocholate

amazon.co.jp
Dark Coklat asli pulau jawa ini berhasil menembus pasar UK dengan brand dari Willie's Cacao. Willie's Cacao ini merupakan perusahaan skala menengah yang berlokasi di Cullompton, Inggris.

4. Gahara Vanilla

amazon.co.jp
Vanilla bean ini diambil langsung dari Bali, dan dipasarkan menggunakan brand asal Perancis, Gahara.

5. Sarang Burung Walet dari Yang Jin Tin
amazon.co.jp
Nah kalau yang ini adalah produksi dari Cina yang mengambil sarang burung walet indonesia.

6. Bumbu Sate dari Thailand

amazon.co.jp
Nah ini Bumbu sate dari Thailand


Sebenarnya, makanan Indonesia itu terkenal. Namun, entah mengapa justru produk-produk asli Indonesia sulit ditemukan di pasaran dunia. Kurang promosikah? atau ada sesuatu yang  belum bisa dilakukan oleh Indonesia??
Semoga kedepan, kita mampu bersaing menembus pasar Internasional dengan produk asli Indonesia, dengan produksi asli Indonesia. Bukan terkenal oleh hasil produksi dari negara lain.










Previous
Next Post »