Renungan Hari Ini: Hidup itu Selalu Berbeda Sudut Pandang

Senja kemarin, saya tiba-tiba terlibat percakapan menarik dengan salah satu junior wanita di lab. Rupanya kami sama-sama penggemar Resident Evil baik game, anime maupun filmnya. Lalu kami membahas tentang film animasi Resident Evil terbaru, yaitu Vendetta. Dia menilai bahwa Vendetta sangat keren sekali. Dan saya menilai Vendetta sangat disayangkan kurang sebagus animasi lain.

Namun satu hal yang saya kemudian sadari dari hal tersebut. Kita berbeda sudut pandang tentang film tersebut.

Dia mengidolakan Chris Redfield dan saya tergila-gila dengan Leon S. Kennedy.

Vendetta menceritakan kegalauan Leon akan arah hidupnya, lalu Chris mendatangi Leon dan membujuknya agar terus berjuang melawan teroris-teroris. Dan gambaran Chris dalam film itu menjadi sangat keren sekali, seorang prajurit yang bukan hanya tangguh, tetapi juga berkemauan dan hati yang keras untuk tetap berjuang. Sedangkan Leon, yang selama ini sangat cool dengan kemaskulinannya dan kibasan poninya yang cetar membahana itu  dalam Vendetta dikisahkan menjadi seseorang yang rebellious atau pemberontak, lemah, dan alay.

Lantas saya menyadari, bahwa seperti itulah cara kita memandang hidup satu sama lain.

Kita sering mendengar pepatah mengatakan bahwa rumput tetangga terlihat lebih hijau dari rumput sendiri. tetapi, kita sering tidak menyadari bahwa rumput tetangga yang kita lihat itu tidak seperti yang dilihat tetangga kita si pemilik rumput tersebut.

Seperti dua sisi koin, bisa jadi kita melihat rumput kita yang gersang itu tampak tidak seasri rumput tetangga. tapi apa kita pernah berfikir bahwa tetangga pemilik justru memandang rumput yang asri dan hijau itu menjadi pengganggu tumbuhnya bunga-bunga yang dia tanam?

Hidup adalah seperti itu. Dan bukan hanya dua sisi, bisa berbanyak sisi. Tergantung siapa yang memandang.

Namun, kesalahan yang selalu kita perbuat adalah, bahwa kita menjadikan penilaian-penilaian itu sebagai sesuatu hal yang mutlak dalam menilai sesuatu atau seseorang. Padahal, akan selalul ada alasan dan sudut pandang yang berbeda di setiap hal. Hal ini menyadarkan saya bahwa dalam hidup, kita harus selalu berbaik sangka, berbaik nilai, dan selalu berfikir bahwa apapun di dunia ini mempunyai sisi yang berbeda untuk dinilai. Jangan mudah melakukan penilaian atau judgement, kita harus mendengar dari banyak sisi untuk memutuskan penilaian yang terbaik tentang suatu hal. Memang memakan waktu, tapi, jika ingin hidup kita lebih baik, why not?
Resident Evil vendetta Fingerprint
Resident Evil Vendetta
Latest
Previous
Next Post »